Senin, 21 Oktober 2013

ASAL USUL OMPUNTA BORSAK SIRUMONGGUR SIHOMBING LUMBAN TORUAN


       Raja Sumba Paduahon menikah dengan Siboru Pandan Nauli, Putri Raja Lontung dari Sabulan. Dia dianugerahi Tuhan dengan dua orang putra, yang sulung bernama TOGA SIMAMORA dengan tiga orang putranya yaitu Purba, Manalu dan Debataraja; dan yang Bungsu bernama TOGA SIHOMBING dengan empat putranya yaitu; Borsak Junjungan atau SILABAN,  Borsak Sirumonggur atau LUMBAN TORUAN umumnya di sebut SIHOMBING, Borsak Mangatasi atau NABABAN, Borsak Binbingan atau HUTASOIT.
         Ketujuh keturunan tersebut pada saat ini masih menempati HUTA TIPANG dengan rukun dan damai. Hal-hal yang bersangkut paut dengan pengaturan pembagian warisan sawah dan lading diatur dengan Musyawarah. TIPANG adalah nama dari seseorang yang disebut “DUHUTDUHUT SIMARDIMPOS DOHOT SIMARHILOP”.
Topografingya di bagi dua yaitu Tano Birong yang di tempati oleh TOGA SIMAMORA; dan Tano Liat yang di tempati oleh TOGA SIHOMBING.
TIPANG adalah tempat yang banyak menyimpan tempat sejarah atau Pusaka peninggalan Raja SUMBA dan tempat Sakti, Terutama BATU PAUSEANG yang berlokasi di bagian belakang atau sebelah selatan dari huta Marga Hutasoit dan sebelah timur dari pusat keramaian Tipang.
Batu Pauseang ini adalah pemberian Raja LONTUNG kepada Menantunya Raja SUMBA Paduahon dengan pesan supaya di jaga dan di rawat. Batu Pauseang ini terdiri dari 3 buah batu, ukurannya kira-kira sebesar bola kaki yang di letakkan begitu saja dan hingga saat ini tidak terawatt sama sekali dan hamper hilang di tutupi semak belukar yang rimbun. Ke-3 buah batu tersebut adalah :
1. Batu SIBORU GABE : ASA GABE DI HAJOLMAON, GABE NANIULA
    Melambangkan kemakmuran atas sawah ladang yang di kerjakan semua keturunannya
2. Batu SIBORU TOROP : ASA TOROP MARIBUR HUHUT SANGAP ANGKA PINOMPARNA
    Melambangkan agar berkembang/beranak pinak dan sukses
3. Batu SIBORU SINUR : ASA SINUR MA PINAHAN.
    Melambangkan kemakmuran atas ternak yang di kembangbiakkan oleh seluruh keturunannya.

     Ketiga Batu PAUSEANG tersebut pada masa dahulu, digunakan sebagai tempat sacral terlebih bila musim tiba. Ketika masa mencangkul (Mengombak) selesai dan tiba saatnya menanam padi. Maka beberapa jenis padi di bawa ke batu PAUSEANG, untuk di doakan dan dilekkan di sana selama beberapa hari. Bila tiba harinya, para ibu akan mendapati tanda bahwa jenis padi tertentulah yang akan di Tanami di seluruh daerah Tipang pada musim tanam itu.

8 komentar:

  1. Santabi amang rajanami, au marga sihombing borsak sirumonggur pinomparni Op. Toga sihombing,,namanukkunjo tuhamu asa jelas unang adong sukkun,,,Boru ahado dialap Toga Simamora, Boru aha Muse Nani alap ni Toga sihombing manat Jo amang sotung sanga salah annon ihuttonon ni naparpudi mlt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simamora sian lottung doi raja nami...
      Lontung mempunyai hula hula dua yaitu sihombing dan simamora..
      Itu aja koq

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Pas mai lae, ido naing husukkun,,boru aha do di alap oppung toga sihombing?

      Hapus
  2. Syalom..horas ma di hita saluhutna..
    sattabe ma di hamu amanami..atik boha dian hamu namamboto silsilah ni Op.Raja Luhut..nanaeng husukkon ima, tohodo op.Jillak anakni op.raja Luhut?
    Adong maddok op.Jillak anak angkat ni op.Raja Luhut..mauliate.Ahu..Wesly F M Sihombing

    BalasHapus
  3. Syalom..horas ma di hita saluhutna..
    sattabe ma di hamu amanami..atik boha dian hamu namamboto silsilah ni Op.Raja Luhut..nanaeng husukkon ima, tohodo op.Jillak anakni op.raja Luhut?
    Adong maddok op.Jillak anak angkat ni op.Raja Luhut..mauliate.Ahu..Wesly F M Sihombing

    BalasHapus
  4. syalom horas madi hita
    jumolo marsattabi ma au.
    adong sukkuk2 hu.alani aha dibaen nagabe marga lumban toruan mamakke goar sihombing manang tadok mai sihombing lumban toruan? boasa dang dipakke marga nababan,hutasoit manang silaban?songon dia do cerita ni i najolo

    BalasHapus
  5. Horas ma tutu dihita .tung natabo ma atong akka namarhaha marsisungkunan ate..mauliatema dihamuna from .B.Dakka.Sihombing

    BalasHapus

MASUKKAN KOMENTAR ANDA